Manusia senantiasa melakukan inovasi dalam mengembangkan teknologi. Perkembangan teknologi di era 5.0 telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan manusia di bidang ekonomi, bidang sosial, budaya, dan lingkungan hidup. Teknologi pengaruh perkembangan sektor perekonomian produsen untuk berinteraksi dengan konsumen, menciptakan produk baru peluang bisnis. Bisnis baru yang dimiliki berkembang karena kemajuan teknologi yang tersebar luas merata di seluruh dunia, apa pun jenisnya bisnis. Maraknya dunia usaha memanfaatkan media sosial sebagai media promosi untuk mengembangkan usahanya, dari skala kecil hingga skala industri. Perkembangan ekonomi digital telah menjadi fenomena strategis di kemajuan ekonomi global. Indonesia tidak terkecuali. Perkembangan ekonomi digital telah menjadi suatu fenomena yang mempunyai peranan yang sangat strategis perkembangan kemajuan ekonomi global. Indonesia tidak terkecuali. Indonesia menduduki peringkat ke-4 dunia setelah India, China dan Amerika Menjadi tempat yang menjanjikan bagi perkembangan digital pasar ekonomi. Jika kita melihat ciri-cirinya populasi, mereka suka memanfaatkan teknologi kemajuan dalam hal media sosial, transportasi dan belanja. Pada tahun 2021, 62,10% penduduk Indonesia akan mengakses internet. Peran digital teknologi sangat penting bagi perubahan dan kemajuan ekonomi, serta meningkatkan kualitas perekonomian di Indonesia, khususnya di sektor informal. Ini juga merupakan sebuah solusi peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat dan masalah sosial. Peran ekonomi digital untuk Indonesia kritis dan bisa memberikan harapan baru transformasi ekonomi yang diperkirakan akan terus berlanjut untuk berkembang seiring berjalannya waktu. Kemajuan ini di dunia digital perekonomian didukung oleh unsur-unsur penting khususnya di sektor informal. Melalui ekonomi digital, berbagai aplikasi diproduksi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat. Itu Ekonomi digital berkembang pesat dan mempunyai dampak yang sangat besar potensinya, namun belum mampu mendorong pemerataan pertumbuhan ekonomi (inklusif) di seluruh lapisan masyarakat. Namun dengan teknologi digital menghasilkan media baru melalui Internet, cara-cara bisnis baru telah meningkat pembangunan di sektor informal.[3] proyek yang potensi perdagangan elektronik (e-commerce) di Indonesia akan mencapai 55 miliar hingga 65 miliar dolar pada tahun 2022.

Globalisasi adalah era ekonomi digital yang berkontribusi signifikan terhadap peningkatan pendapatan dan kemudahan dalam proses transaksi khususnya di Kota palembang. Di era digital ini, perekonomian transaksi dapat mempermudah pelanggan dalam memprosesnya transaksi. Era digital membuka pintu perdagangan antar negara negara dan wilayah yang belum optimal terhubung. Ketika era digital telah terbuka, pintu menuju perdagangan antar negara di seluruh dunia tidak lagi terbatas. Seorang pelaku usaha akan memiliki banyak peluang untuk mengembangkan usahanya secara mandiri. Nomor pesaing di setiap jenis usaha terus meningkat meningkat, maka strategi diperlukan dalam bisnis. Dia isi penting atau pokok yang harus dipersiapkan dan dirumuskan dengan langkah hati-hati dalam menghadapi bisnis kompetisi. Oleh karena itu, strategi bisnis adalah sebuah isi penting atau pokok yang harus dirumuskan dan dipersiapkan secara matang untuk menghadapi persaingan bisnis. Beberapa strategi harus digunakan, meliputi pemanfaatan teknologi; yang seharusnya dimanfaatkan secara optimal dalam strategi bisnis untuk mencapai tujuan. Indonesia banyak sekali pengguna media sosial tersebar di seluruh wilayah, seperti Twitter, Instagram, Facebook, WA, Line, dll. Oleh karena itu, media sosial bisa digunakan untuk mengembangkan strategi bisnis, digital pemasaran sebagai alat bisnis; selain media sosial, bisnis juga dapat menerapkan pemasaran digital; menjadi ramah seluler; pelaku usaha juga harus memperhatikan kepada banyak pengguna Smartphone dan produk gadget lainnya. Berbagai metode pembayaran dapat digunakan. Selain uang tunai, masyarakat bisa menggunakan QRIS, GoPay, OVO, DANA, Link, ShopeePay, Linkaja, dan lainnya. Metode pembayaran ini bisa dilakukan dimana saja, baik belanja online maupun offline. Kota Palembang juga mengikuti perkembangan tersebutekonomi digital, sebagaimana dibuktikan dengan besarnya jumlah orang yang menggunakan platform online seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood, Maxim, dan lainnya platform. Sedangkan toko online/virtual adalah a fasilitas atau toko untuk menawarkan barang dan jasa melalui internet, dimana pengunjung dapat melihat barang secara online berbelanja baik melalui foto, video, dan lain sebagainya.

Indah Sari Rahmaini

Dosen Sosiologi, FISIP, Universitas Andalas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *