Dalam kondisi dunia yang terus berubah, pembelajaran elektronik (E-learning) menjadi salah satu cara inovatif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa. E-learning menggunakan komputer, jaringan, dan teknologi yang diakses dengan internet atau intranet untuk memberikan informasi kepada pengguna. Dengan kata lain, E-learning adalah koleksi aplikasi dan praktik pembelajaran berbasis teknologi informasi (komputer, cakram kompak, jaringan, Internet, intranet, dan universitas virtual) yang memungkinkan pembelajaran sepanjang hayat di berbagai bidang, di mana saja, dan kapan saja. Salah satu jenis pembelajaran elektronik yang lebih baru adalah pembelajaran seluler (M-learning).
Ponsel Pintar: Alat Pendidikan Masa Kini
Ponsel telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam keseharian mahasiswa dan dosen. Dengan memperkenalkan metode komunikasi baru, ponsel menghilangkan kompleksitas ruang dan waktu. Dengan kemampuan komputasi dan komunikasi yang dimilikinya, ponsel mendukung dinamika kelas dengan memperkuat interaksi tatap muka dan mendukung pembelajaran kolaboratif. Dalam praktik keperawatan, permasalahan pasien selalu berkembang, dan kemampuan perawat dalam mengatasi masalah klinis menjadi sangat penting. Perawat perlu belajar keterampilan pemecahan masalah untuk memberikan perawatan dan keamanan yang optimal. Ahli berpendapat bahwa alat dan teknologi modern harus dimanfaatkan untuk mendorong strategi pemecahan masalah yang lebih baik. Kemajuan teknologi komputer dan komunikasi telah memberikan metode baru dalam mengajarkan dan mempelajari keperawatan, yang mendekati topik dan skenario pembelajaran dunia nyata sebanyak mungkin.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): Meningkatkan Proses Pembelajaran Keperawatan
Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pengajaran dan pembelajaran telah terbukti sebagai alat yang kuat untuk memperkuat pembentukan pengetahuan. Dalam bidang keperawatan, penggunaan TIK membentuk mekanisme pengajaran kontemporer yang berfokus pada otomatisasi proses dan meningkatkan keamanan dalam pengambilan keputusan perawatan. Berbagai tema dalam bidang keperawatan, mulai dari kesehatan seksual dan reproduksi hingga manajemen perawatan dan prosedur dasar, telah dikembangkan dalam Lingkungan Pembelajaran Virtual (LPV) tipe hipermedia. LPV ini memberikan sarana untuk memfasilitasi pembelajaran pelaksanaan aktivitas keperawatan melalui interaksi virtual. Banyak yang dulunya pesimis bahwa aplikasi ponsel pintar bisa dimanfaatkan dalam pendidikan keperawatan yang mengedepankan keterampilan dalam perawatan pasien. Namun pengembangan aplikasi yang melalui proses diskusi dengan pakar, studi literatur serta uji coba berkali-kali telah menghasilkan banyak aplikasi pembelajaran di keperawatan yang terbukti efektif dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa.
Jenis Aplikasi Ponsel Pintar dalam Pendidikan Keperawatan
Aplikasi terkait manajemen nyeri, pemeriksaan tanda-tanda vital, interpretasi hasil pemeriksaan tekanan darah pada anak, kalkulator medikasi, tatalaksana obstruksi jalan nafas pada anak, rekam medik eletronik, pendidikan tentang diabetes dan banyak aplikasi lainnya telah terbit di Playstore dan dijelaskan dengan rinci dalam publikasi internasional. Aplikasi yang melibatkan keterampilan mahasiswa didesain sebaik mungkin sehingga jelas menggambarkan standar operasional prosedur (SOP), memuat studi kasus dengan skenario nyata sehingga melatih keterampilan kritis dan pengambilan keputusan pada mahasiswa. Dengan adanya studi kasus tersebut, mahasiswa juga bisa mendapat gambaran bagaimana kasus yang akan dihadapinya di klinik dan komunitas nanti.
Dengan inovasi pendidikan berbasis teknologi seperti aplikasi pada ponsel pintar, dunia keperawatan telah memasuki babak baru yang menghadirkan peluang besar untuk mengoptimalkan pembelajaran dan manajemen perawatan. Pendidikan keperawatan melalui platform digital memberikan harapan baru dalam membekali perawat masa depan dengan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dunia medis yang terus berkembang.