Akseptasi informasi mengalami transformasi yang kian pesat ke seluruh pelosok negeri di era digital. Seluruh informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat dapat diakses secara daring melalui perangkat komputer, laptop, dan juga gawai, sembari melakukan kegiatan sehari-hari. Informasi apa pun yang dibutuhkan oleh masyarakat dapat langsung diakses dan dalam hitungan sepersekian detik. Pengetahuan dan rasa ingin tahu terkait informasi yang dibutuhkan pun dapat terpenuhi.
Salah satu informasi yang santer diakses oleh masyarakat adalah eksistensi bank digital di era digital. Dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 12/POJK.03/2021 pada Bab IV disebutkan pengertian dari bank Digital adalah Bank BHI yang menyediakan dan menjalankan kegiatan usaha terutama melalui saluran elektronik tanpa kantor fisik selain kantor pusat, atau menggunakan kantor fisik yang terbatas. Bank digital dapat beroperasi melalui pendirian bank BHI baru sebagai bank digital atau transformasi dari bank BHI (existing) menjadi bank digital.
PT. Seabank Indonesia adalah salah satu contoh dari bank digital yang berbasis aplikasi milik Sea Limited/Sean Group. Seabank merupakan perusahaan induk dari situs lokapasar Shopee dan penerbit gim daring, Garena. Seabank beroperasi di Indonesia sebagai bank digital sejak 10 Februari 2021. Seabank merupakan aplikasi perbankan digital yang membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas finansial, mulai dari menabung hingga bertransaksi dengan pemanfaatan digitalisasi.
Prama (32), customer Seabank sejak tahun 2021 mengaku tergiur dengan bunga simpanan yang ditawarkan oleh Seabank. Ia mengaku lebih menikmati menabung di Seabank daripada menabung di bank umum. Hal ini dikarenakan bunga simpanan yang lebih tinggi ditawarkan oleh Seabank jika dibandingkan dengan bunga simpanan yang ditawarkan oleh bank umum. Di samping bunga simpanan, Ia juga menyebutkan Seabank sebagai wadah penyimpanan dana dirasa telah memberikan kenyamanan dan efesiensi yang lebih menarik sebab dapat diakses dimanapun dan kapanpun saat ingin bertransaksi.
Suku bunga simpanannya itu tinggi, lebih tinggi dari bunga simpanan saya di bank umum.
Prama (32), nasabah Seabank
Customer Seabank lainnya, Laura (30), sejak tahun 2021 mengaku tertarik dengan aplikasi Seabank karena tingkat biaya admin yang lebih rendah, kenikmatan transfer antar bank gratis, administrasi yang sederhana, simpel dan tidak menghabiskan waktu.
Saya nabung di Seabank itu, ya … karena biaya adminnya rendah. Terus transfer antar bank tanpa dikenakan biaya transfer. Belum lagi untuk urusan administrasi, se-simple itu dan engga wasting time yang mestinya harus pergi ke kantor fisik, tapi ini enggak, saya bisa mengakses Seabank dimanapun dan kapanpun saya butuh
Laura (30), nasabah Seabank
Awal Seabank beroperasi pada 10 Februari 2021, suku bunga simpanan yang ditawarkan sebesar 7% per tahun, lalu turun menjadi 6% per tahun dan turun lagi menjadi 4% per tahun pada 1 Desember 2022. Jika dipandang dari sisi Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS), terhitung tanggal 1 Maret 2023, tingkat bunga simpanan bank yang dijamin naik 25 basis poin menjadi sebesar 4,25% yang sebelumnya hanya 3,75%.
Dengan adanya kebijakan LPS menaikkan suku bunga penjaminan ini berarti tingkat suku bunga yang ditawarkan Seabank saat ini (4%) sudah berada di bawah rate suku bunga penjaminan yang ditetapkan oleh LPS (4,25%). Hal ini tentunya memberikan respons yang baik dari masyarakat yang menggunakan aplikasi Seabank karena dinilai dapat meningkatkan rasa aman bagi nasabah Seabank.
Patrisia (29) mengakui menjadi nasabah Seabank karena tertarik dengan tawaran fitur cashback saat melakukan transaksi belanja online di akun Shopee miliknya.
Iya tertarik (menjadi nasabah seabank). Saya dari dulu itu suka belanja online di aplikasi Shopee untuk segala kebutuhan sehari-hari, baik kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder. Waktu ada iklan Seabank itu dengan tawaran cashback sampai dengan 100%, otomatis saya langsung penasaran, akhirnya baca-baca dan cari informasi. Ternyata menjadi nasabah Seabank masih banyak tawaran menarik lainnya, di samping fitur cashback tadi, dan dari informasi yang saya dapat seabank itu udah dijamin oleh LPS.
Patrisia (29), nasabah Seabank
Terhitung bulan Maret 2023, tercatat sudah 11 bank digital yang eksis dan saling bersaing dalam merebut nasabah di Indonesia. Masing-masing menawarkan fitur yang menarik, baik dari segi tingkat bunga simpanan, cashback belanja online, bebas biaya admin, bebas biaya transfer, membuka banyak rekening dengan satu identitas, dan banyak penawaran menarik lainnya yang berbeda-beda pada setiap bank digital.
Dengan beragam kenikmatan yang ditawarkan Seabank dan bank digital lainnya kepada nasabah, maka bukan tidak mungkin akan semakin banyak masyarakat yang tertarik menabung di bank digital pada era digitali kini. Terutama bagi generasi milineal dan generasi Z yang kental dengan arus perkembangan zaman dan teknologi. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa bagi generasi milineal dan generasi Z, hal yang digital bukan sekadar kebutuhan sekunder, melainkansudah menjadi kebutuhan primer.